Social Profiles

Pages

Selasa, 31 Juli 2012

INDIE LABEL



Begitulah kira-kira jargon dari salah satu ajang kontes musik Indie terbesar di Indonesia. Yup, sesuai namanya yaitu Indie yang berasal dari kata Independent, musik ini dapat diidefinifikan sebagai musik-musik yang dipublikasikan tanpa bantuan dari major label atau lebih dikenal dengan istilah “do-it-yourself publishing”. Perkembangan musik jenis ini juga tidak didasari oleh pemenuhan selera pasar atau kepentingan komersial, namun lebih kepada keinginan para penciptanya untuk memasukkan berbagai unsur yang diinginkan ke dalam musiknya sendiri. Itulah mengapa musik indie ini selalu disebut dengan musik kebebasan.

Perkembangan musik ini tentu saja berawal dari ranah Britania Raya dan Amerika Serikat pada tahun 50-60 an yang ditandai pula dengan munculnya berbagai perusahaan rekaman yang mengusung label Indie. Namun demikian, kebanyakan dari perusahaan-perusahaan ini tidak bertahan lama dan pada akhirnya tenggelam juga oleh dominasi major label. Tapi tentu tidak dengan musik Indie itu sendiri. Pada dekade berikutnya yaitu sekitar tahun 70an, banyaknya para pemusik (terutama aliran punk pada saat itu) yang tidak mau terikat kontrak (atau yang tidak dilirik) oleh major label kembali memunculkan perusahaan rekaman kecil2an. Dan pada tahun 1978 lahirlah label-label seperti Cherry Red, Rough Trade, dan Mute di Inggris yang menyokong perekaman, pendistribusian, sekaligus promosi musik-musik berlabel Indie tersebut. selanjutnya, label-label ini pun semakin maju dan pada tahun 1980 telah mampu menempatkan beberapa lagu dalam top 10 hits pada UK Singles Chart.

Dalam musik Indie sendiri terdapat beberapa subkategori dengan cakupan yang cukup luas. Musik dengan genre alternative rock, punk rock, sampai ke experimental music merupakan jenis yang paling banyak mewarnai musik Indie. Namun demikian, musik Indie seringkali dibagi menjadi dua kategori utama yaitu Indie Rock dan Indie Pop walaupun sebenarnya perbedaan antara keduanya tidaklah terlalu mencolok mengingat jenis instrumen yang digunakan biasanya sama-sama tidak lepas dari unsur gitar distorsi berbasis lagu pop. Perbedaan yang terlihat mungkin dapat ditinjau dari seberapa jauh musik Indie Rock tersebut mengikuti keautentikan dan kekentalan rock di dalamnya. Ada juga Indie dance yang datang dari perpaduan antara indie pop dan musik elektornik/dance. Masih ada lagi indietronic atau electronic indie yang lebih banyak mengandung unsur elektronika di dalamnya. Dan tentunya masih banyak lagi jenis-jenis musik Indie yang sedang berkembang saat ini.

Satu lagi hal yang paling khas di antara band-band Indie yang ada adalah nama dari band itu sendiri. Seperti halnya semangat kebebasan yang diusung oleh musik Indie, nama band-bandnya pun menjadi sangat unik dan “suka-suka gue”. Sebagai contoh dari luar ada nama-nama unik seperti Arctic Monkeys, the Rascals, Cold War Kids, Bear Colony, Frog Eyes, Margot and The Nuclear So and So’s, The Firebird Band, The Postal Service, Alex Ross-Iver or Fever Marlene, dll. Tidak terkecuali di Indonesia, nama-nama seperti Pure Saturday, Efek Rumah Kaca, Monkey to Millionaire, Tunas Bangsa Simphony, Gunting Kuku, Apel Kuning, Lipgloss, The Upstairs, dll turut menghiasi gemerlap musik Indie saat ini.

Perkembangan teknologi tentunya semakin mempermudah band-band Indie untuk mempromosikan dirinya sendiri. Saat ini internet dengan music and video sharing merupakan lahan publikasi yang paling subur. Perjuangan para pemusik Indie untuk dikenal publik kini pun semakin mudah dengan banyaknya berbagai wadah perkumpulan serta kontes-kontes musik Indie yang semakin menjamur. Tak terkecuali di negara ini. Semoga perkembangan musik Indie di Indonesia mampu memberikan angin segar bagi blantika musik tanah air kita.

8 komentar:

  1. Maju dunia musik indonesia,..
    http://fgirlsband.blogspot.com

    BalasHapus
  2. sob mau sharing, ane mau list musik musik indie di jakarta, aksesnya kemana yah?

    BalasHapus
  3. thx bro .. salam female rockstar 'jeny be good' band
    watch youtube :
    http://www.youtube.com/watch?v=kpqXT157XXQ

    BalasHapus
  4. cek official video 'fuck off' jeny be good
    youtube : http://www.youtube.com/watch?v=kpqXT157XXQ
    website : www.jenybegood.com

    BalasHapus
  5. mlm gayz ane pnya lagu dn udh bisa d download lagu hits nya Risty aku tak bisa mp3 088808524927

    BalasHapus
  6. Risty new album hanya untukmu sharelagu.com www.UyeShare.com

    BalasHapus
  7. Lagu terbaru dari gua http://bernafastanpamu.mywapblog.com/files/indra-irawan-ldr.mp3

    BalasHapus

  8. twitter.com/GRML_rock
    facebook.com/pages/page/326181107587784
    facebook.com/app_scoped_user_id/7466692

    BalasHapus